Minggu, 19 April 2020

Praktikum Teknologi Farmasi


    Pada kali ini saya akan menceritakan  tentang kegiatan praktikum farmasi. Awal saya memasuki dunia farmasi pada saat bersekolah di SMK, sebelumnya saya tidak mengetahui dengan jelas apa itu farmasi. Saya yang masuk farmasi karena kehendak orang tua. Pada semester pertama, materi dan pembelajarannya masih sama seperti saat SMK, khususnya mata kuliah farmasetika dasar yang didalamnya diajarkan membuat obat dalam bentuk peracikan seperti pulveres, pulvis, kapsul dan juga salep serta diajarkan menentukan perhitungan dosis pembuatan obat dalam resep. Dalam perhitungan dosis ini sedikit sulit tetapi saya dapat memahaminya dengan baik.
   Pada semester 2, materi dan pembelajarannya masih sama dengan SMK tetapi ada juga yang sedikit berbeda. Pada mata kuliah teknologi farmasi, khususnya dalam pembuatan sediaan sediaan cair misalnya sirup, suspensi dan emulsi. Saya sangat senang karena dalam proses pembuatan dan uji sediaannya sama dengan pada waktu saya di SMK jadi saya tidak terlalu merasa kesulitan. Disini diajarkan mulai dari penimbangan bahan, proses pencampuran bahan, uji sediaan dan sampai pada tahap pembuatan kemasan obat. Saya juga senang pada tahap pembuatan kemasan obat, karena dapat mendesain sesuka saya dan dapat dibuat secara menarik.

Sekian sedikit pengalaman dari saya tentang praktikum dalam perkuliahan farmasi. Sampai jumpa:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Meningkatkan atau Menjaga Sistem Imunitas Tubuh di tengah Pandemi Covid-19

Hallo teman-teman! Kali ini saya kan membahas bagaimana cara meningkatkan atau menjaga sistem imunitas tubuh ditengah pandemi covid-19 ini. ...